Remove atau Hapus Query String di WordPress

0
153
(Source by pixabay.com)

Sebetulnya cara hapus atau remove query string sangat mudah, banyak plugin yang bisa kamu gunakan untuk menghapus query string pada wordpress kalian. Tapi disini saya akan memberikan tutorial tanpa bantuan plugin sama sekali, jadi lebih meminimalkan penggunan space hosting kamu.

Bagi yang belum tau apa itu query string, query string lebih tepatnya parameters yang ada di url file statis wordpress kamu seperti file javascript atau css, silahkan lihat contoh sourcecode wordpress yang menggunakan query string dibawah ini

Dari sourcecode di atas, kita bisa lihat diakhir url terdapat versi dari file statis tersebut, nah seperti yang kita tau, browser hanya akan mencache file statis seperti .js, .css, .jpg, .png nah jika di akhir ekstensi file diatas ditambahkan ?ver=xxx maka browser tidak akan mencache file statis tersebut, dan alhasil setiap kita membuka halaman beberapa kali akan mendowload ulang file statis seperti .js atau .css ke server hosting domain kita tersebut.

Lalu gimana caranya menghapus query string tersebut? caranya cukup mudah tanpa install plugin. Pastikan kamu saat ini sudah login ke panel admin wordpress kamu, lalu arahkan mouse ke menu Tampilan (utk wordpress bahasa indonesia) lalu klik submenunya dengan nama Penyunting seperti gambar dibawah ini

Setelah masuk ke halaman penyunting, silahkan cari nama functions.php seperti gambar dibawah ini

Setelah diklik, saatnya kamu copy kode dibawah dan pastekan ke kolom penyuntingan dan sematkan di bagian paling bawah ya.

// remove version query string from scripts and stylesheets
function wcs_remove_script_styles_version( $src ){
return remove_query_arg( ‘ver’, $src );
}
add_filter( ‘script_loader_src’, ‘wcs_remove_script_styles_version’ );
add_filter( ‘style_loader_src’, ‘wcs_remove_script_styles_version’ );

Copy code di atas dan paste ke bagian paling bawah kolom penyuntingan seperti gambar dibawah ini

Lalu klik tombol Perbarui Berkas (jika wp kamu bhs Indonesia).

Nah sekarang semua query string sudah hilang 🙂 mudah kan dan tanpa install plugin pastinya.

Silahkan jika ada yang ingin ditanyakan melalui kolom komentar ya.

Yang ingin share tutor ini silahkan, cuma tolong cantumkan link sumber artikel ini. Salam blogger 😉