Memilih DataCenter yang tepat untuk web / blog kita

0
199
(source by pixabay.com)

Mungkin bagi kalian yang baru mengenal hosting dan VPS akan bertanya-tanya, pilih server yang cocok untuk website / blog kita nanti. Tentu saja pertanyaan ini sering muncul dikarenakan pilihan server menjadi mutlak yang harus Anda tentukan agar kedepan semua yang di inginkan bisa tercapai sempurna.

Nah bagaimana kita menentukan lokasi server kita ini atau datacenter yang akan kita pilih untuk dijadikan host domain kita?

Pertama kita harus tentukan website atau blog bertema apa yang ingin kita garap. Dan visitor mana yang kita harapkan untuk mengakses web/blog kita tersebut. Lalu tehnik apa yang akan kita gunakan agar web/blog kita bisa dikenal semua pengguna internet. Berikut saya berikan ulasannya.

  1. Tema web/blog, tema disini yang dimaksud yaitu jenis web/blog yang akan digarap. Jika Anda ingin membuat web portal berita seperti tempo.co atau detik.com disarankan Anda menggunakan datacenter IIX atau lokal. Kenapa? Karena pastinya para pembaca web Anda kebanyakan visitor/pengunjung lokal. Sehingga akan lebih baik dan lebih cepat jika mengaksesnya karena latency (baca: Pengertian Bandwith, Delay, Jiter dan Latency) akan semakin bisa di minimalisir karena pengunjung dan server web kita masih dalam 1 jaringan lokal. Berbeda jika Anda membuat portal berita berbahasa asing.
  2. Menjaring visitor, seperti penjelasan di atas juga. Jika Anda ingin menjaring pengunjung dari Indonesia, ya kita pilih datacenter lokal. Tapi jika Anda ingin meraih pengunjung dari segala penjuru dunia termasuk indonesia sendiri, saya menyarankan memilih datacenter yang bisa menjembati akses lokal dan internasional. Karena jika kita memilih datacenter terlalu jauh, kasian visitor lokal pasti sedikit mengalami delay. Saran saya pilih datacenter singapur atau hongkong
  3. Tehnik yang digunakan, jika Anda menggunakan tehnik SEO seperti yang biasa dilakukan para master web, pastikan Anda menggunakan datacenter yang memiliki koneksi yang bagus ke google atau bing. Karena pengalaman saya, beberapa hosting lokal memiliki koneksi yang kurang bagus ke google. Sebagai contoh jika kita share url / link blog kita ke google plus sering terjadi galat/error. Itu menandakan web/blog kita sulit dibaca meta dan strukturnya oleh server google. Dikarenakan koneksi yang buruk.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai pilihan datacenter untuk host domain kita. Mungkin penjelasan admin kurang dimengerti sehingga jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanya dikolom komentar 😉